Friday, May 26, 2017

wisata ranu kumbolo gunung semeru yang indah

Pendaki yang tidak tahu Danau Ranu Kumbolo? Tempat ini menjadi surga pendaki yang petualangan di Gunung Semeru, Jawa Timur. Keindahan Telaga ini menjadi kenangan terindah.
Kali ini aku sedang dengan tim Java Road trip ke Ranu Kumbolo. Perjalanan menuju Ranu Kumbolo mulai dari Surabaya dengan naik bis ke Malang. Sebuah perjalanan singkat ke Malang, hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Selanjutnya, kami tiba di Arjosari dan melanjutkan perjalanan dengan transportasi umum ke masih.
Sementara di angkot, kami telah bertemu dengan seorang ibu paruh baya yang juga hobi mendaki gunung. Dengan antusiasme, ia memberi kami hiking tips dan tempat-tempat yang kita harus mengunjungi sementara di Semeru.
Sesampainya di Tumpang, kami berhenti di mini market. Tumpang tindih daerah tampaknya menjadi Kampung pendaki. Ya, banyak pendaki yang ingin mendaki ke Gunung Semeru pada waktu itu. Pendaki ini berasal dari berbagai daerah. Mulai dari pulau Jawa, di luar pulau Jawa, sampai ada juga pendaki asing. Seperti kita semua tahu, tanpa canggung kami juga bertukar ide-ide sambil menunggu waktu naik.
Tim jalan Jawa akhirnya memutuskan untuk naik truk ke Ranu Pani dengan teman-teman dari Tangerang. Cukup dengan harga Rp 30.000 hanya, Anda dan rombongan bisa mendapatkan truk menyewa. Setelah 2 jam perjalanan, kami harus bertahan jalan panjang, berkelok-kelok. Setelah tercabik terpisah selama perjalanan, tidak merasa seperti kami di Ranu Pani. Seperti kita turun truk, ada beberapa pendakian troopers menyambut tim kami.
Memutuskan untuk menginap semalam di rumah beberapa penduduk menjadi pilihan tempat untuk beristirahat. Untungnya, malam itu kami bisa tinggal di rumah Mr Sumardji. Ketika Anda melihat penampilan, itu tidak ada yang istimewa. Namun, pria ini menjadi salah satu saksi hidup yang mengambil bagian dalam mengevakuasi mayat Soe Hok Gie di bagian atas Semeru pada tahun 1969.
Setelah beristirahat sepanjang malam, di pagi hari semua tim bergegas untuk mendaki Semeru. Eits, tunggu sebentar! Sebelum mulai mendaki, pertama kita menikmati kelezatan sup dan rawon beras. Buatan menu khas warung Pak Gareng ini sudah sangat populer di kalangan para pendaki. Ya, hampir semua pendaki Luangkan waktu untuk berhenti di toko ini.
Puas untuk mencicipi nasi soto dan rawon, perjalanan menuju Ranu Kumbolo mulai. Jam tangan sudah menunjukkan di 08: 00 pm. pohon, awan putih, dan saluran yang terus-menerus menjadi sebuah pemandangan yang khas saat mendaki. Suasana mendaki lebih menarik, ketika kelompok lain.
Hari itu kami bertemu dengan tim ekologi pecinta alam masyarakat (EPA). EPA adalah kumpulan siswa yang cinta lingkungan dan keindahan alam. Seperti naik saat ini, mereka tidak hanya berjalan menuju puncak Semeru. Namun, selama perjalanan mereka juga mengambil sampah tersebar jalur pendakian. Selain itu, mereka juga memperbaiki dan memasang plang di jalan ke puncak.
Lelah, jenuh, dan jalan yang sulit berubah kita menjadi 'surga' Semeru. Akhirnya, kami mencapai Ranu Kumbolo. Pemandangan indah Danau fenomenal, sekilas pendaki seluruh. Namun, hari gelap membuat kita menyadari tenda. Hore! Malam ini kita menghabiskan malam di tepi Ranu Kumbolo.
Perlahan-lahan langit berubah gelap, angin dingin pegunungan menusuk seluruh tubuh. Malam di Ranu Kumbolo semakin terlihat cantik ketika kabut mulai turun ke permukaan. Rupanya, tidak hanya tim kami yang menghabiskan malam di Ranu Kumbolo. Kelompok pendaki dari Malang menghabiskan malam bersama kami.
Untuk menyingkirkan dingin, kami membuat api untuk menghangatkan diri kita sendiri. Membakar marshmallow dan kopi hangat menjadi pelengkap ketika bermain kartu. Saya tidak sabar untuk melihat matahari terbit di Ranu Kumbolo.
Keesokan paginya adalah waktu paling ditunggu bagi kita. Pada waktu itu, kita bisa melihat keindahan matahari yang keluar dari ujung bukit. Ketika matahari terlihat di ufuk timur, semakin lama kabut di Ranu Kumbolo naik dan menghilang di permukaan.
Puas untuk melihat matahari terbit kita sempatkan waktu untuk menguji nyali sampai dengan Tanjakan cinta. Dikatakan bahwa jika Anda dapat mendaki bukit tanpa berhenti dan melihat ke belakang, setelah terjadi rumah Anda akan mendapatkan pasangan.
Sesampainya di atas naik cinta, kita dapat melihat Sabana hijau indah Ombo Oro-oro. Sekali lagi, kami bertemu sekelompok pendaki. Uniknya, Semua pendaki di kelompok menderita tuli. Ketika kita meminta mereka, puncak Semeru adalah target pendakian. Wow! Hal ini benar-benar menyentuh untuk melihat semangat mereka untuk melihat keindahan yang diciptakan oleh Allah.
Sayangnya, kita bisa tidak berlama-lama di Ranu Kumbolo. Kita harus kembali ke Surabaya karena kita memiliki kewajiban untuk memenuhi. Kami